lokasi usaha deket pasar

Lokasi Usaha Dipilih yang Dekat dengan Pasar

mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar?- karena Sebelum memulai usaha, perjelas satu kali lagi bahwa Anda sedang memilih lokasi yang sangat tepat.

Karena jika Anda memilih usaha yang salah, Anda menghadapi kebangkrutan atau kebangkrutan.

 

Mengapa Lokasi Usaha Dipilih yang Dekat dengan Pasar?

 

Hubungan sosial dengan konsumen

Yang keempat terkait dengan target pemasaran yang akan Anda capai. Istilahnya segmen pasar yang tepat.

Pemilihan tempat usaha yang sesuai dengan target merupakan nilai yang cukup penting untuk selalu diperhatikan karena setiap jenis usaha akan memiliki keterikatan yang erat antara lingkungan masyarakat dengan jenis produk yang ditawarkan.

 

Misalkan anda akan membuka usaha yang bergerak di bidang pertanian, seperti melayani atau menyediakan pupuk, anti hama dan bibit tanaman.

Langkah pertama adalah Anda harus bisa mendekati konsumen dengan cara yang lebih sosial untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang semua keluhan dan kebutuhan pekerjaan mereka.

 

Lokasi perusahaan yang sangat terlihat

 

BACA JUGA  Contoh Laporan Study Kelayakan Bisnis Makanan

 

Berada di lokasi yang mudah diakses pasti akan menarik banyak perhatian, sehingga memudahkan Anda untuk memperkenalkan dan mempromosikan usaha yang Anda mulai.

Selain itu, memiliki Lokasi Usaha yang menonjol dapat menurunkan biaya iklan Anda pada awal peluncuran produk baru Anda.

 

Salah satu contohnya adalah usaha makanan ringan. Memilih usaha di bidang pariwisata merupakan arah yang strategis. Masuk akal jika pengunjung biasanya tertarik untuk menjadikan produk Anda sebagai oleh-oleh setelah jalan-jalan.

 

Biaya membangun atau menyewa gedung komersial

 

Jika Anda dapat membuat lokasi strategis untuk usaha Anda sendiri, jika Anda memiliki anggaran, itu lebih masuk akal dan sepadan.

Apalagi tidak ada salahnya melihat bangunan itu merupakan investasi yang menguntungkan dan investasi yang berjangka panjang.

Namun, jika Anda ingin menyewakan, tidak dapat dipungkiri bahwa nilai lokasi yang strategis akan ditentukan oleh pemiliknya.

Perhitungan atau perhitungan yang cermat harus dilakukan sebelum membuat keputusan tentang kontrak sewa dengan pemilik tanah.

Pertimbangkan apakah keuntungan bulanan akan dapat memenuhi kebutuhan sewa tanah dan operasi usaha selanjutnya.

Biasanya, setelah masa kontrak Anda berakhir, lalu ingin diperpanjang, kenaikan tarif sewa tentu sudah menunggu di depan mata. Apalagi jika tampak jelas bahwa usaha yang Anda bangun di sana telah berkembang pesat dan memiliki pelanggan setia.

BACA JUGA  8 Ide Souvenir Pernikahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri Tanpa ada Membuat Lebam Bujet Acara

 

Akses yang mudah dijangkau

 

Poin ini adalah tentang kenyamanan konsumen saat pergi ke lokasi usaha Anda. Walaupun berada di tempat atau lokasi yang ramai dan menarik perhatian orang yang lalu lalang, jika lokasi usaha Anda tidak memiliki tempat parkir yang memadai misalnya terlalu dekat dengan jalan raya, konsumen terkadang akan enggan untuk berhenti karena mereka merasa tidak nyaman.

 

Contoh lainnya, tempat usaha yang Anda pilih berada di area yang sangat ramai seperti mall.

 

Terkait masalah perizinan usaha dan usaha

 

Meski sering diabaikan, sebaiknya jangan pernah meremehkan masalah legalitas. Tidak hanya sebatas izin usaha, tetapi harus mencakup semua aspek yang berkaitan dengan usaha yang Anda jalankan, termasuk produk yang Anda tawarkan.

Mengabaikan poin ini akan menjadi risiko besar yang mungkin tidak pernah diharapkan berdampak negatif pada usaha atau usaha Anda di masa depan.

 

Akan lebih disayangkan jika perjalanan usaha Anda sudah mulai menunjukkan kemajuan, kemudian tersandung pada legalitas izin tempat usaha, tentunya akan berakibat fatal.

Seperti lokasi yang sertifikat kepemilikan tanahnya tidak jelas. Misalnya, area di pasar atau stasiun tempat ruko dibangun kemudian disewakan. Memang lokasi usaha seperti ini sangat strategis.

 

Lingkungan usaha dan sekitarnya

 

Lingkungan sekitar tempat usaha dan usaha merupakan faktor yang akan mempengaruhi pandangan dan minat konsumen terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan.

BACA JUGA  7 Pengetahuan Pemasaran dari Apple yang Bisa Anda Dalami

Misalnya, jika Anda berjualan makanan di kawasan pasar, tentunya pelanggannya akan terbatas pada komunitas tertentu yang sangat suka mengunjungi tempat-tempat hiburan tersebut.

Contoh lain yang berkaitan dengan penentuan tempat usaha dan harus memperhatikan lingkungan sekitar.

 

Misalnya di daerah tersebut sudah banyak bengkel bengkel motor, sebaiknya pertimbangkan kembali jika ingin membuka usaha sejenis.

Kecuali jika Anda mampu bersaing dengan memberikan nilai lebih dan mampu bersaing memperebutkan usaha secara adil tanpa menimbulkan masalah di kemudian hari, maka membuka usaha yang sama tidak akan ada batasan.

 

Alasan dipilihnya lokasi usaha yang dekat dengan pasar

 

• Pasar merupakan tempat yang banyak dikunjungi orang baik distributor maupun konsumen. usaha yang dekat dengan pasar akan cepat dikenal banyak orang.

• Akan lebih cepat memperoleh bahan baku yang dibutuhkan, jika usaha tersebut membutuhkan bahan baku.

• Ini akan membuat distribusi lebih mudah.

• Jika usaha tersebut adalah usaha jasa, maka dengan cepat akan mendapatkan konsumen (pelanggan) jika Lokasi Usaha berada di dekat pasar.

 

Demikianlah pembahasan mengapa lokasi usaha dipilih yang dekat dengan pasar, semoga memberikan gambaran untuk anda yang ingin menjalankan bisnisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *